JAKARTA - Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, menjadi salah satu lokasi yang dikunjungi oleh layanan BPJS Kesehatan Keliling, khususnya di Nagari Simpang Tonang, Kecamatan Duo Koto. Kehadiran layanan keliling ini merupakan bagian dari program rutin BPJS Kesehatan untuk mendekatkan layanan administrasi kepada masyarakat, terutama peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang merasa terhalang oleh jarak untuk mengakses kantor cabang.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Haris Prayudi, menjelaskan bahwa program ini diinisiasi untuk memastikan kemudahan akses layanan administrasi bagi peserta JKN di daerah-daerah yang jauh dari kantor cabang BPJS Kesehatan.
"Salah satu tujuan adanya pelayanan BPJS Keliling ini adalah agar peserta JKN yang mungkin terkendala jarak dari kantor cabang kabupaten dapat mengakses layanan administrasi di BPJS Keliling ini. Peserta JKN tidak perlu risau, karena pelayanan di sini sama halnya dengan pelayanan di kantor kami," ungkap Haris.
Layanan BPJS Keliling tidak hanya sekadar menyediakan akses mudah, tetapi juga diharapkan mampu menjadi solusi bagi berbagai permasalahan administrasi peserta JKN layaknya sebuah mini kantor cabang.
"Petugas di lapangan yang ada pada BPJS Keliling tentunya mampu memberikan jawaban atas kendala yang mungkin dihadapi peserta JKN. Jadi peserta jangan bimbang, seperti yang saya bilang di awal tadi kalau pelayanan yang diberikan relatif sama dengan di kantor cabang," tambah Haris.
Program Inovatif untuk Pelayanan Publik
Untuk daerah Kabupaten Pasaman, layanan BPJS Keliling telah dijadwalkan juga untuk mengunjungi tempat lain, seperti di Kantor Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja. Ini menunjukkan komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan layanan yang proaktif bagi masyarakat dan memastikan tidak ada kendala jarak yang bisa menghalangi akses terhadap layanan kesehatan.
Haris menegaskan bahwa BPJS Kesehatan selalu terbuka untuk menerima undangan dari instansi atau badan usaha yang ingin menghadirkan layanan BPJS Keliling di tempat mereka.
"Selain dari yang sudah kami jadwalkan, bagi instansi atau badan usaha yang ingin mengundang kami untuk menghadirkan pelayanan BPJS Keliling, tentu sangat bisa dengan menghubungi kami di kantor BPJS Kesehatan terdekat," jelasnya.
Pelayanan Non Tatap Muka: Solusi di Era Digital
Selain memaksimalkan pelayanan tatap muka melalui BPJS Keliling, BPJS Kesehatan juga semakin mengoptimalkan layanan non tatap muka yang dapat diakses di mana dan kapan saja. Layanan ini memungkinkan peserta JKN untuk mendapatkan informasi dan melakukan pengurusan administrasi tanpa harus datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan.
"Layanan non tatap muka ini dapat diakses di mana dan kapan saja tanpa harus datang langsung menemui petugas BPJS Kesehatan untuk merasakan pelayanan yang dibutuhkan," lanjut Haris, menjelaskan kemudahan yang diberikan oleh inovasi digital ini.
Inovasi ini terbukti bermanfaat, khususnya di masa-masa tertentu dimana mobilitas menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat. Dengan layanan online seperti aplikasi Mobile JKN, peserta dapat melakukan pengecekan status kepesertaan serta mendapatkan informasi terkait pelayanan BPJS Kesehatan dengan lebih efisien.
Peserta Merasakan Manfaat Langsung
Ahmad Fauzi, salah satu peserta JKN yang memanfaatkan layanan BPJS Keliling di Nagari Simpang Tonang, mengapresiasi kemudahan yang diberikan oleh program tersebut.
"Di BPJS Keliling saya melakukan cek status kepesertaan yang saya miliki beserta keluarga. Saya juga mendapatkan informasi seputar BPJS Kesehatan oleh petugas, bahwa melalui Mobile JKN juga bisa dilakukan pengecekan tersebut. Alhamdulillah sekarang saya juga jadi lebih paham," kata Ahmad dengan penuh rasa syukur.
Dengan adanya BPJS Keliling, masyarakat seperti Ahmad tidak lagi perlu merasa khawatir tentang komplikasi administrasi yang terkait dengan jarak dan akses menuju kantor BPJS Kesehatan. Layanan ini jelas memberikan manfaat signifikan dalam mendukung kesehatan masyarakat di daerah-daerah yang lebih terpencil.
Kedatangan BPJS Keliling di Nagari Simpang Tonang dan wilayah lain di Kabupaten Pasaman menunjukkan komitmen BPJS Kesehatan dalam meningkatkan kualitas layanan bagi seluruh peserta JKN. Dengan adanya pelayanan yang mendekat dan inovasi layanan non tatap muka, peserta JKN kini bisa merasakan akses layanan kesehatan yang lebih mudah dan cepat.
Program ini merupakan langkah tepat di era digital dan pasca-pandemi, di mana mobilitas masyarakat masih terbatas dan kebutuhan akan kecepatan serta efisiensi sangat diperlukan. BPJS Kesehatan terus berkomitmen untuk menjadi penyelenggara jaminan kesehatan yang terpercaya dan handal bagi seluruh rakyat Indonesia.