PLN Icon Plus dan Transformasi Digital: Pemasangan AMI untuk Layanan Lebih Baik

PLN Icon Plus dan Transformasi Digital: Pemasangan AMI untuk Layanan Lebih Baik

JAKARTA - PT PLN (Persero) bersama PLN Icon Plus bergerak cepat dalam pelaksanaan proyek penggantian meteran listrik konvensional dengan Advanced Metering Infrastructure (AMI). AMI adalah sistem pengukuran listrik yang memungkinkan komunikasi dua arah antara meteran listrik dan penyedia layanan, memungkinkan pengumpulan data konsumsi listrik secara otomatis dan real-time tanpa perlu kunjungan langsung ke rumah pelanggan.

Sebagai bagian dari tanggung jawab pengawasan, Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, melakukan pengecekan langsung di Bali pada 14 Mei 2024 untuk melihat persiapan dan kendala di lapangan. Ini termasuk kunjungan ke PoP ICON+, lokasi Daily Check Up (DCU) dalam proyek FO-nisasi, pemeriksaan penarikan kabel FO, dan pengecekan gudang material mitra.

Ari menekankan pentingnya menjalankan proses pekerjaan dengan baik untuk hasil optimal, memastikan infrastruktur kabel dan core terdata dengan baik, serta memprioritaskan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam setiap proses.

Baca Juga

Pengertian BUMN, Jenis, Tujuan, dan Program Kemitraannya

"Dalam transformasi PLN untuk meningkatkan pelayanan, digitalisasi sistem ketenagalistrikan adalah kunci, salah satunya dengan smart meter berbasis Advanced Metering Infrastructure (AMI)," kata Ari. Dia berharap implementasi AMI akan mempercepat transformasi digital di sektor energi, memberikan layanan listrik yang lebih efisien, transparan, dan handal bagi pelanggan.

Pemasangan AMI tidak hanya dilakukan di Bali, tetapi juga di wilayah lain seperti Jakarta-Banten, Medan, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Makassar. PLN Icon Plus ditunjuk sebagai pengawas pekerjaan dalam proyek FO-nisasi AMI di 7 SBU.

"Proyek ini adalah bagian dari dukungan PLN Icon Plus dalam pemasangan infrastruktur AMI. Melalui pemasangan kabel optik, data dari smart meter di rumah pelanggan dapat dibaca secara real-time," ungkap General Manager PLN Icon Plus SBU Regional Bali & Nusa Tenggara, Iwan Sofyan Sory.

Transformasi digital yang dijalankan oleh PLN diharapkan memberikan manfaat lebih bagi pelanggan dan meningkatkan customer experience. Optimalisasi AMI menjadi langkah penting dalam mewujudkan visi PLN sebagai perusahaan energi kelas dunia yang unggul dan terpercaya.

Redaksi

Redaksi

Energika.id adalah media online yang menyajikan berita sektor energi dan umum secara lengkap, akurat, dan tepercaya.

Rekomendasi

Berita Lainnya

Sepanjang 2024, PLN Dorong Pertumbuhan Konsumsi Listrik hingga 17,78 TWh

Sepanjang 2024, PLN Dorong Pertumbuhan Konsumsi Listrik hingga 17,78 TWh

Diskon 20 Persen Tiket Kereta Api Eksekutif dan Bisnis Libur Sekolah

Diskon 20 Persen Tiket Kereta Api Eksekutif dan Bisnis Libur Sekolah

MIND ID Perkuat Hilirisasi Mineral untuk Dorong Ekosistem Industri Kendaraan Listrik

MIND ID Perkuat Hilirisasi Mineral untuk Dorong Ekosistem Industri Kendaraan Listrik

Kapasitas Perseroan Makin Kuat, PLN Jaga DER dan CICR Tetap Positif Sepanjang 2024

Kapasitas Perseroan Makin Kuat, PLN Jaga DER dan CICR Tetap Positif Sepanjang 2024

Jakarta ePrix Sukses Digelar Dengan Listrik Andal Full dari PLN

Jakarta ePrix Sukses Digelar Dengan Listrik Andal Full dari PLN