BPJS Ketenagakerjaan Dumai Gelar Customer Engagement, Dorong Kepatuhan Perusahaan dalam Perlindungan Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan Dumai Gelar Customer Engagement, Dorong Kepatuhan Perusahaan dalam Perlindungan Ketenagakerjaan
BPJS Ketenagakerjaan Dumai Gelar Customer Engagement, Dorong Kepatuhan Perusahaan dalam Perlindungan Ketenagakerjaan

JAKARTA - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Dumai menggelar kegiatan Customer Engagement bersama perusahaan peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan tema “Perbanyak Amal Melalui Gerakan Sertakan” pada Selasa, 18 Maret 2025. Acara ini bertujuan mempererat hubungan kerja sama antara BPJS Ketenagakerjaan dan perusahaan, serta meningkatkan pemahaman terhadap manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi karyawan.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Patra Dumai ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai, H. Indra Gunawan, S.I.P., M.Si., serta dihadiri oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Dumai, Dina Khairina, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Dumai, H. Satria Wibowo, A.P., M.Si., serta 40 perusahaan platinum peserta BPJS Ketenagakerjaan di wilayah Dumai.

Dorongan Kepatuhan Perusahaan dalam Perlindungan Tenaga Kerja

Baca Juga

Proyek Kapal Cepat Jembrana-Banyuwangi Digagas, Gubernur Bali Wayan Koster Ingatkan Potensi Ancaman Pendatang Ilegal

Dalam sambutannya, Dina Khairina menyampaikan apresiasi kepada para peserta yang telah hadir dan menegaskan pentingnya pemahaman terhadap manfaat program BPJS Ketenagakerjaan bagi perusahaan dan tenaga kerja.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang telah bersedia hadir dalam acara ini. Hari ini, kami ingin menyampaikan program-program BPJS Ketenagakerjaan yang harus dipahami oleh pihak perusahaan agar mereka mengetahui manfaat perlindungan bagi tenaga kerja yang sudah didaftarkan. Selain itu, kami juga akan memberikan informasi terkait penggunaan aplikasi JMO (Jamsostek Mobile) yang sangat berguna dalam mengakses layanan BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Dina.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Dumai, H. Satria Wibowo, menekankan pentingnya kerja sama antara BPJS Ketenagakerjaan, pemerintah daerah, dan perusahaan dalam memastikan seluruh pekerja mendapatkan perlindungan ketenagakerjaan.

“Kami sangat mengapresiasi BPJS Ketenagakerjaan yang selalu berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Dumai dalam mendukung perlindungan tenaga kerja. Kami berharap kegiatan ini bisa memberikan dampak positif terhadap penguatan regulasi tenaga kerja. Untuk itu, kami butuh dukungan dari berbagai pihak, termasuk BPJS Ketenagakerjaan dan perusahaan yang beroperasi di Dumai,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kota Dumai, H. Indra Gunawan, menyampaikan apresiasi terhadap BPJS Ketenagakerjaan yang terus melakukan edukasi kepada perusahaan agar semakin memahami manfaat perlindungan tenaga kerja.

“Pemerintah Kota Dumai memberikan apresiasi kepada BPJS Ketenagakerjaan atas terselenggaranya kegiatan Customer Engagement ini. Dengan kegiatan ini, kami berharap semakin terjalin kerja sama yang erat antara BPJS Ketenagakerjaan dan perusahaan platinum binaannya,” ucapnya.

Indra juga menekankan bahwa kegiatan ini bisa menjadi ajang untuk menyampaikan informasi terkait aturan baru di BPJS Ketenagakerjaan serta memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah menunjukkan komitmen tinggi dalam memberikan perlindungan bagi pekerjanya.

Optimalisasi Layanan dan Sosialisasi Program Baru

Dalam rangka meningkatkan kepatuhan perusahaan dalam mendaftarkan tenaga kerjanya, acara ini juga diisi dengan berbagai sesi sosialisasi dan diskusi interaktif. Salah satu program yang disosialisasikan adalah Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP), yang memberikan manfaat bagi pekerja yang kehilangan pekerjaan agar tetap mendapatkan perlindungan sosial.

Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan juga mengenalkan aplikasi JMO (Jamsostek Mobile) sebagai solusi digital bagi peserta untuk mempermudah akses terhadap informasi jaminan sosial mereka. Dengan aplikasi ini, peserta dapat mengecek saldo JHT, klaim manfaat, dan mengakses layanan lainnya secara mudah dan cepat.

Acara ini juga memberikan kesempatan bagi para peserta untuk melakukan sesi tanya jawab guna menggali informasi lebih dalam terkait implementasi program BPJS Ketenagakerjaan di perusahaan masing-masing. Sesi ini menjadi wadah interaktif antara perusahaan dengan BPJS Ketenagakerjaan agar perusahaan lebih memahami kewajiban dan manfaat dari program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Komitmen untuk Meningkatkan Perlindungan Tenaga Kerja

Melalui kegiatan ini, BPJS Ketenagakerjaan berharap seluruh perusahaan di Kota Dumai dapat lebih memahami pentingnya mendaftarkan tenaga kerjanya dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Kami berharap tidak ada lagi perusahaan yang belum mendaftarkan karyawannya ke dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Perlindungan ini sangat penting untuk memastikan kesejahteraan tenaga kerja dan keluarganya. Dengan adanya Customer Engagement ini, kami ingin memperkuat kolaborasi dengan seluruh mitra perusahaan agar semakin banyak pekerja yang terlindungi,” tegas Dina Khairina.

Acara Customer Engagement BPJS Ketenagakerjaan Cabang Dumai ini ditutup dengan sesi foto bersama dan buka puasa bersama sebagai momen untuk mempererat silaturahmi antara BPJS Ketenagakerjaan dengan perusahaan peserta. Dengan semakin banyaknya perusahaan yang patuh dan aktif dalam program BPJS Ketenagakerjaan, diharapkan kesejahteraan tenaga kerja di Kota Dumai dapat terus meningkat.

Mazroh Atul Jannah

Mazroh Atul Jannah

Energika.id adalah media online yang menyajikan berita sektor energi dan umum secara lengkap, akurat, dan tepercaya.

Rekomendasi

Berita Lainnya

Reaktivasi Jalur Kereta Banjar–Pangandaran Dinilai Paling Siap, Pemprov Jabar Siapkan Skema Anggaran Bertahap

Reaktivasi Jalur Kereta Banjar–Pangandaran Dinilai Paling Siap, Pemprov Jabar Siapkan Skema Anggaran Bertahap

Rusia Rencanakan Penerbangan Langsung ke Indonesia, Pemerintah Indonesia Respons Positif

Rusia Rencanakan Penerbangan Langsung ke Indonesia, Pemerintah Indonesia Respons Positif

Mazda Siapkan Peluncuran Mobil Listrik EZ-60, Crossover Listrik Pertama dengan Platform Modular EPA1

Mazda Siapkan Peluncuran Mobil Listrik EZ-60, Crossover Listrik Pertama dengan Platform Modular EPA1

BMKG Mengeluarkan Peringatan Waspada Hujan dan Gelombang Laut di Maluku Utara

BMKG Mengeluarkan Peringatan Waspada Hujan dan Gelombang Laut di Maluku Utara

Harga Komoditas Sembako Cenderung Stabil dan Beberapa Mengalami Penurunan Pasca Lebaran di Kabupaten Temanggung

Harga Komoditas Sembako Cenderung Stabil dan Beberapa Mengalami Penurunan Pasca Lebaran di Kabupaten Temanggung